elins..?apa itu?

This post was written by faizalamri on February 20, 2009
Posted Under: Kuliah dan kerja

Elins( Elektronika dan Instrumentasi ) , mungkin banyak yang belum tahu atau kenal dengan prodi ini. Ya, tidak salah juga kalau memang begitu.

Selain karena memang penyelenggara dari program studi ini hanya ada di UGM (untuk S1), ini sepengetahuan saya lo.

Tapi, ketika searching, ternyata ada juga Elins di STTN Batan, UI( konsentrasi pada Jurusan Fisika, namun bukan Prodi) atau di UNDIP( Instrumentasi Elektronika ), namun hanya untuk jenjang D3. Atau Di Unsri, yang ada di bawah jurusan fisika.

Oke, tujuan saya menulis ini supaya orang tau dan kenal dengan nama Elins, khususnya Elins UGM.

Sejarah Elins

Pada sekitar tahun 1967, Jurusan Fisika UGM memiliki  tiga konsentrasi, yaitu Elins, Geofisika, dan Fisika Murni…

Setelah beberapa lama, sekitar tahun 1985, Elins disahkan menjadi Program Studi karena dirasa akan kebutuhan yang ada. Tapi, karena alasan-alasan yang kurang  jelas (saya dengar karena tidak adanya ijin dari DIKTI atau apalah saya juga kurang paham), tahun 1995 (lupa aku tepatnya), penerimaan mahasiswa baru untuk elins  S1 ditutup.

Setelah reformasi bergulir, elins mulai bangkit tidurnyahappy.

Tahun 1999, dibuka prodi D3 Elins, yang kemudian tahun 2002, dibuka kembali prodi S1 Elins di bawah program studi Fisika.

Materi Kuliah dan Pengajaran

Sebelumnya, lihat pengertian elins menurut Wikipedia,  di sana disebutkan Elektronika dan Instrumentasi merupakan cabang ilmu/ rekayasa yang menggabungkan antara pengetahuan elektronika dan instrumentasi yang diperlukan dalam suatu industri.

Dari sana sudah dapat di lihat bahwa ilmu ini mengimplementasikan bidang instrumentasi (control system ) yang didasarkan pada ilmu-ilmu bidang elektronika dan komputer.  Komputer ?  iya komputer.  Jangan dibayangkan jika kita kuliah di Elins kita hanya berkutat dengan Solder dan IC, atau resistor saja :) .

Di Elins, kita juga akan dapat mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan komputer,  sistem jaringan dan pemrograman. Jangan salah, banyak dosen-dosen Elins yang juga mengajar pada program studi Ilmu komputer UGM.

Jadi, saat anda masuk elins, anda akan mendapat ilmu pengetahuan tentang elektronika, instrumentasi, dan komputer,Fisika,  walaupun pada dasarnya ketiga hal tersebut tidak dapat dipisahkan.  Tergantung pada mahasiswanya, apakah ingin memperkuat bidang elektronika, instrumentasi atau komputer. Banyak teman kuliah saya yang mendalami jaringan komputer, mengambil sertifikasi dengan kuliah di Cisco. Atau kakak angkatan yang membuat Skripsi dengan tema pemrograman( Ini cocok untuk anda yang wanita, yag tidak suka solder-menyolder).  Atau juga bidang AI ( Artifical Intelegent ), dll.

Bidang elektronika ,di sinibagi anda yang senang mengutak atik alat-alat elektronika, Robot ( Elins di KRI dan KRCI ). Perbedaan denga Teknik Elektro adalah Elins tidak terdapat bidang Power (arus Kuat) yang ada pada teknik elektro.

Berikutnya Elins dengan minat Instrumentasi akan dijelaskan berikut ini. Instrumentasi adalah alat-alat dan piranti (device) yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan lebih kompleks.  Instrumentasi bisa berarti alat untuk menghasilkan efek suara, seperti pada instrumen musik misalnya, namun secara umum instrumentasi mempunyai 3 fungsi utama:

1. sebagai alat pengukuran

2. sebagai alat analisa, dan

3. sebagai alat kendali

Pada industri , Bidang Instrumentasi sangat penting.  Misalnya dalam Proses produksi, perancangan sistem dan kendali.

Bidang Kerja

Bidang kerja dari elins sngat Luas. misal:

1. Oil dan Gas

Schlumberger, Chevron, exxon, pertamina, dll. Seperti yang kita tahu, bidang oil dan gas adalah Industri yang tidak pernah mati dari jaman dahulu sampai sekarang bahkan terus meningkat kebutuhannya. Dan ,seperti yang kita tahu, gaji bidang ini adalah termasuk besar  dibanding bidang kerja yang lain.

2. Bidang telekomunikasi

Bidang telekomunikasi di Indonesia sedang pesat -pesatnya berkembang dalam waktu 10 tahunan ini.  Misal, untuk operator GSM yang dulu hanya ada 3 buah, sekarang sudah tumbuh menjadi sekitar 13 operator, dan ini kemungkinan besar masih akan meningkat dengan banyaknya wilayah Indonesia yang belum terjangkau.

3. Elektronika

Bayak produsen elektronika (misal Samsung , LG, Nokia, Erricsson, Schenider, Epson dll)

4. Lembaga ilmu pengetahuan dan BUMN

BATAN,PLN, LIPI, Rekayasa Industri,  dosen dll

5. Industri lainnya

Sebagai Networking desainer, database, programer  dan bahkan pekerjaan yang tidak ada hubungan dengan keilmuan elins :) , ex :   Pak Anom (manager Dufan)

mungkin ada teman2 yang lain yang memberi info di mana saja alumni elins bekerja?

Perbedaan Elins, Teknik Elektro, dan Teknik Fisika

Bidang keilmuan dari 3 program studi ini memang mirip-mirip sedikit. tapi dari yang saya lihat ada perbedaan mendasar dari ketiganya:

1. Elins, bidang studi Instrumentasi dan elektronika (arus kecil), serta komputer.

2. teknik Elektro, terdapat konsetrai Power (arus besar)

3. Teknik fisika, mengaplikasikan ilmu ilmu fisika pada bidang-bidang teknik. Bedanya dengan elins, pada teknik fisika terdapat kuliah tentang pengkonversian energi, penciptaan energi baru ( untuk teknik fisika ugm terdapat prodi teknik nuklir)

mungkin ada teman yang lain yang dapat menyebut perbedaan yang lainnya?

kujungi website elins ugm

*note:

sekarang ini (2010), prodi elektronika dan instrumentasi dan prodi Ilmu Komputer UGM telah bergabung di bawah satu jurusan baru, yaitu Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika ( JIKE).  Semoga dengan perubahan ini, ke depannya akan memajukan Ilkom dan elins.

Reader Comments

fasilitas kuliah elins di ugm lumayan g??? trus lulusanny kbanyakan kerja di mana??

trus plajaran yang mesti di kuasan apa aja??
thanks big grin

#1 
Written By ALAN on May 10th, 2009 @ 12:42 am

BuatMas alan salam kenal dari saya.
Mas Alan kuliah di mana kalau boleh tahu?

Fasilitas kuliah untuk lab elins, disana ada Lab Untuk elektronika analog dan digital, Lab Instrumentasi, seperti PLC, dan ada juga lab Komputer, untuk programning atau pun yang lainnya. Untuk fasilitas kuliah, yah, kita menggunakan ruangan yang ada di fak. Mipa, rata-rata sudah terdapat LCD Viewer

Lulusannya dari kakak angkatan yang saya kenal, mbak Wini, angkatan 03 yang sekarang di Schlumberger, Bagus Epson, raffliss di Scheneider, untuk yang seangkatan dengan saya, 3 orang belum lulus sudah diterima di samsung. Dan lainnya

Tergantung minat dan konsentrasinya, di elins ada minat elektronika, instrumentasi, dan sistem komputer dan jaringan. Yah, walaupun ketiganya tidak bisa dilepas satu ke yang lain.

begitu..

#2 
Written By faizalamri on May 12th, 2009 @ 3:50 pm

kalo di elins bahan pelajaran yang “wajib”dipelajari menurut mas faizal biar dapat menguasai elins dengan baik apa ya??

misalnya harus fokus di bidang instrumentasi ato apa…

makasih..

#3 
Written By Adit on June 2nd, 2009 @ 11:28 pm

Tergantung ma minat anda kuliah di Elins juga

Misal dalam bidang Elektronika, jelas kemampuan coding bahasa pemrograman untuk Mikrokontroler atau FPGA di perdalam.

Atau Instrumentasi dan kontrol misalnya, ambil mata kuliah yang berhubungan dengannya. Misal ambil matakuliah sistem kontrol dan instrumentasi. Dan jngan lupa ambil praktikumnya.

#4 
Written By faizalamri on June 3rd, 2009 @ 10:27 pm

kok pada pgn kerja to, lulusan elins membuka lapangan pekerjaan….

#5 
Written By anonime on July 20th, 2009 @ 2:53 pm

mending milih teknik aja timbang elins,ijasahnya lebih laKu timbang elins yang MIPA,MILIH TEKNIK FISIKA KONSENTRASI INSTRUMENTASI ATO TEKNIK ELEKTRO ARUS LEMAH(INSTRUMENTASI) tapi elins juga bagus kok…semua perusahaan butuh tenaga di bidang instrumentasi,pokoknya ada embel-enbel ugm,itu mah jaminan herja

#6 
Written By noname on December 28th, 2009 @ 12:54 pm

yah, kalo rejeki itu mah sudah ada yang ngatur, tergantung dari usaha sama doa kita saja

memang, teknik Fisika itu bagus, tapi TF ITB kalo TF ugm masih muda, akreditasi juga baru B (tahun-tahun sebelumnya malah C), fasilitas lab nya juga masih kurang kan?

ayo-ayo, belajar yang bener, buat membangun bangsa kita,

ini pass grade UGM kemarin => http://www.senamptn.co.cc/2009/01/passing-grade-universitas-gajah-mada.html

kalo ITB ga usah yach

salam

#7 
Written By kuli minyak on December 28th, 2009 @ 10:45 pm

mas Fistek
jangan banding kan lah antar fistek UGM dan Elins
terbukti
resource yang masuk elins lebih baik
liat aja perbandingan mahasiswa fistek lewant snmptn
cuma 1:2
bukan nya kami menghina mas
kami bicara prestasi dan kualitas
bukan subyektif
banyak buktinya

SALAM MAHASISWA UGM
|

#8 
Written By Alan on December 30th, 2009 @ 10:22 am

perbandingan jumlah mahasiswa yang masuk tidak sebanding

#9 
Written By joni on January 25th, 2010 @ 7:06 pm

perbandingan mahasiswa yang masuk ke sebuah program studi tidak mencerminkan kualitas mahasiswa yang masuk…mungkin anda melihat peminat teknik fisika tidak banyak,tapi coba anda melihat skor terendah mahasiswa(passing grade) dan nilai rata2 yang masuk ke sebuah program studi..passing grade dan nilai rata2 mahasiswa fistek hampir sama dg teknik lain sepeerti geologi,nuklir,sipil..bahkan lebih tinggi dari pwk dan geodesi..jadi kesimpulannya,orang yang mendaftar k teknik fisika tidak banyak tapi yang daftar pasti punya kemampuan akademik diatas rata rata,,,karena gak mungkin orang bego mau \”bunuh diri\” masuk teknik fisika

#10 
Written By joni on January 25th, 2010 @ 7:15 pm

jadi kesimpulannya,anda jangan melihar resource mahasiswa yang masuk dari perbandingan jumlah peminat dan daya tampung,tapi lihat dari passing grade(walaupun cma prediksi tapi mendekati benar karena sudah disusun oleh para ahli) dan nilai rata2 mahasiswa yang masuk ke sebuah prodi..mungkin anda bisa mencari di google,,

SALAM MAHASISWA
DEMI KEMAJUAN BANGSAKU

#11 
Written By joni on January 25th, 2010 @ 7:18 pm

@kuli minyak:emang sebelumnya lab.teknik fisika agak kurang,,tapi sekarang teknik fisika ugm sudah membangun lab.fisika bangunan dan akustika serta menambah peralatan d lab.sensor dan sistem telekontrol..
semoga teknik fisika dan elins bisa membangun INSTRUMENTASI indonesia,,

SALAM HANGAT,RINDU DAN CINTA…

#12 
Written By joni on January 25th, 2010 @ 7:24 pm

@ alan: yang jelas,kita susah membandingkan mana resource yang lebih baik antara 2 prodi…kalau melihat dari jumlah peminat dan daya tampung itu hanya mencerminkan keketatan saja,tidak mencerminkan kualitas inputnya,,kalu kita liat dari passing grade itu juga berubah-ubah tiap tahunnya,dari nilai rata2 nilai mahasiswa yang masuk itu juga berubah-ubah tiap tahunnya,,ugm sendiri tidak pernah mempublikasikan passing grade,alasannya utk menghindari kesenjangan antar jurusan/prodi (saya pernah bertanya ke rektorat utk bahan presentasi di SMA)
TKS

#13 
Written By joni on January 25th, 2010 @ 7:32 pm

yah mendingan klo instrumentasi pilih aja teknik fisika deh, emg udah trademarknya gitu.

lagipula klo untuk kerja di industri, gw liat lebih marketable nama teknik fisika dibanding elins yg ada di MIPA

#14 
Written By teknik jaya on January 26th, 2010 @ 1:04 pm

sori, jadi intinya mendingan masuk TEKNIK FISIKA aja deh ato gak teknik elektro ketimbang ELINS

#15 
Written By teknik jaya on January 26th, 2010 @ 1:05 pm

saya mahasiswa elektro itb,saya melihat bahwa lulusan teknik fisika terkenal sebagai instrument engineer,di dunia kerja salah satu kelebihan teknik fisika adalah lulusannya mampu beradaptasi dg ilmu yang berhubungan dg proses,yang tidak dimiliki lulusan elins…jadi karena hampir seluruh industri membutuhkan tenaga instrumentasi dan lulusan teknik fisika sangatlah sedikit,maka lulusan elins bisa mengisi pos tersebut

#16 
Written By lulusan TE itb,sekarang bekerja di chevron on January 26th, 2010 @ 1:20 pm

instrumentasi pilih teknik fisika ajalah

yg laen mah………..cuma ikut2an aja

#17 
Written By insinyur on January 26th, 2010 @ 1:26 pm

jangan salah
bandingkan prestasi yang di miliki elins dan tekfis
contoh sederhana saja
1.TEAM KRI UGM
2.TEAM KRCI UGM
3. TEAM KRSI
4.LINE FOLLOWER
5.juara robot pesawat di itb kemaren
6.juara teknologi yang nampil di e-life style
7.JUARA prototipe penakar hujan yang di adain BMG kemaren
8.KARYA PKM DAN BANYAK MASUK PIMNAS
9.DAn banyak lagi lahhhhhhhhhhh, entar penuh lagi takut nya teknik fisika ngiri
huehehehhee

ahhhh
banyak banget teman” gue SMA dulu yang bego” masuk teknik fisika, pilihan terakhir gara” gak masuk elektro dan elins

hgahahaaaahaha
jangan BCAOT lah teknik fisika
kami bukan master nya instrumentasi saja namun master elektronika,sistem komputer,jaringan,artificial inteligence
wahhhhhhhhhhhhhhhhh
banyak lah

satu hal
TEKNIK FISIKA UGM
baru aja akreditasi nya B
kemaren” C
WUIHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH
MALUUUUUUUUUUU

#18 
Written By alan on January 26th, 2010 @ 2:19 pm

Good.. like this..

makin banyak bukti yang menunjukkan elisn berbeda dengan yang lain dengan banyaknya lulusan elins yang segera mendapat pekerjaan pada berbagai aspek bidang usaha maupun industri..

semoga 2010 ini elins semakin berjaya dan dikenal.. amin..

#19 
Written By iebhe on January 26th, 2010 @ 7:53 pm

elins tu menurut gw ilmu nya tumpang tindih deh ama elektro ama t. fisika

instrumentasi kendali udah di teknik fisika

elektronika udah di teknik elektro

#20 
Written By baru coba on January 26th, 2010 @ 8:22 pm

ini salah satu pernyataan mahasiswa elins;

Jujur aja semakin lama Aq kuliah di UGM apalagi Fak MIPA apalagi jur Fisika apalagi prodi Elins, Aq malah mengalami kebingungan. Secra sudut pandang orang elins( eliners ) di satu sisi Aq bangga menjadi Eliners tapi disisi sudut pandang yang lain ( maksudnya diluar elins ) Aq juga malah gak bangga,lhooo apa maksudnya?Huh? ko,bingung kan???
Aq sendiri juga bingung,kita tuh selama kuliah 4 semester ini malah gak jelas ilmu spesialiasi yg kita miliki itu apa???
Mending klo teknik Elektro ato Ilkom, jelas sekali
penjurusan /spesialisasi ilmunya dan lebih penting mereka tuh punya hasil nyata dari kuliahnya (bukan otodidak),klo kitaa?Huh?Huh?Huh?Huh? fly.Dan sungguh terlalu, lama-lama aq tuh lihat buku-buku yg dipakai referensi kuliah kita udah mlai kacau, jadi saking bingungnya percaya ato ndak percaya aq sekarang malah lebih sering belajar buku-buku psikologi,mungkin gejala sakit jiwa kali,heee

banyak pula yang ga mendapat apa2 selama kuliah di elins,banyak yang kehilangan arah,tambah bego..

#21 
Written By joni on January 26th, 2010 @ 8:29 pm

@alan

walah belagu bener lo.
asal jelek jelekin teknik fisika seenaknya

klo di ITB mah teknik fisika udah gak keitung lagi deh prestasinya saking banyaknya. gak cuman prestasi aja, alumni TF ITB banyak yg udah nempatin posisi tinggi di berbagai perusahaan besar.

btw di ITB gak ada elins, soalnya bidang ilmunya elins udah terkover semua di elektro ama teknik fisika.. jadi elins tuh gak diperlukan disana.

#22 
Written By baru coba on January 26th, 2010 @ 8:31 pm

inilah perbedaan teknik fisika dan elins:
perbedaan paling mendasar, di elins tidak diajarkan mekanika fluida dan termodinamika serta berbagai ilmu yang berhubungan dengan proses. hal ini mengakibatkan lulusannya kurang dapat beradaptasi dengan fenomena kimia/fisika yang terjadi di berbagai industri proses seperti di perminyakan. ilmunya terlalu oriented ke elektronik. namun, banyak juga elins yang masuk perminyakan karena memang tenaga instrumentasi masih sedikit dan lulusan teknik fisika belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut

jadi tenaga instrumentasi itu biasanya dari teknik fisika,karena lulusan teknik fisika sangat sedikit,baru elins bisa mengisi pos tersebut

#23 
Written By alumni TE ITB,sekarang bekerja di chevron on January 26th, 2010 @ 8:38 pm

elins itu sebaiknya hanya D3 saja, gak usah buka program S1 segala.

#24 
Written By KORDOBA on January 26th, 2010 @ 8:44 pm

inilah salah satu pernyataan mahasiswa elins:

ini ada sepenggal kisah mahasiswa elins yang ga betah kuliah di elins

-wah,,, kuliah di elins,,, pengalaman buruk,,, IP tidak pernah nyampe 2,7
kuliah gag dapet apa2,,
hauuu,,,

pindah saja ah,,,, *ngumpulke duid ben bisa pindah kuliah*

-mas,aq udh masuk tek.elektronika dan instrumentasi…pinginya seh msk tek.fska…hehehe…apa ya perbedaanya dua jurusan ini???

ternyata kuliah dimana mana sama saja,ga usah ribut masalah jurusan,anak elins jangan sombong,begitu pula teknik fisika,,,

#25 
Written By mahasiswa netral(ga bela elins maupun fistek) on January 26th, 2010 @ 9:08 pm

wah bener banget tuh mas baru coba,,alumni TF ITB luar biasa:
- Dirut Pertamina yang baru = Karen (s1 TF ITB )
- Kepala Dewan Riset Nasional (DRN) = Prof.andrianto
- mantan MENRISTEK = Kusmayanto Kadiman ( TF ITB)
-menteri perikanan dan kelautan=fadel muhammad(TF ITB)
dan masih banyak lagi alumni TF ITB yang menjadi pengusaha dan pejabat,,,
bahkan baru2 ini SEORANG alumni TF ITB memberikan sumbangan 25 Milyar pada TF ITB untuk pembangunan gedung dan penambahan fasilitas

#26 
Written By mahasiswa netral(ga bela elins maupun fistek) on January 26th, 2010 @ 9:19 pm

kalau menurut saya sih,,akreditasi tuh ga penting,,akreditasi itu hanya melambangkan rasio dosen dan mahasiswa,sarana prasarana..lha wong di ijazah juga ga mungkin dicantumin akreditasi prodinya og….perusahaan ga mungkin liat pelamar kerja dari akreditasi prodinya,,paling yang diliat cman asal PT nya,program studi,fakultas sama IPK nya..

SALAM MAHASISWA ITB
HIDUP MAHASISWA TEKNIK INDONESIA
TEKNIK JAYA,,,,

#27 
Written By mahasiswa netral(ga bela elins maupun fistek) on January 26th, 2010 @ 9:27 pm

Elins gak jelas

#28 
Written By anto on January 26th, 2010 @ 9:37 pm

udahlah gak usah masuk elins… gak jelas gitu sih

masuk teknik aja, ntah teknik mesin, elektro, fisika, kimia apapun lah soalnya lebih mudah cari kerja di industri

#29 
Written By lontong on January 26th, 2010 @ 9:44 pm

inilah salah satu pernyataan mahasiswa elins yang pengen hengkang:

Dari pengalaman teman-temanku, ada beberapa yang pindah ke jurusan lain padahal kita udah kuliah beberapa tahun. For your information, aku sekarang udah kuliah di semester 6. Temen kuliahku udah ada yang silih berganti meninggalkan ELINS. Dari 1 tahun pertama (2 semester) ada yang pindah ke Universitas lain di Jogja, ada pula yang pindah jurusan lain di UGM meskipun cuma tahan setahun dan akhirnya pindah lagi, bahkan ada yang pindah ke Jerman. Yang paling baru adalah saat akhir semester 5, dimana kita udah kuliah 2,5 tahun, Bima menyatakan join buat hengkang dari ELINS dan pindah ke jurusan yang banyak nggambar-nggambarnya gitu… Komentarnya, “Gw selama kuliah di ELINS gak pernah peduli berapapun IP gw, walopun IP gw sekecil apapun gw cuek-cuek aja. Gw pengen kuliah, tapi yang bikin gw peduli sama IP gw, kalo gw dapet IP kecil gw harus panik…”.

Bahkan jujur, sejak semester 2 aku udah ngerasa salah jurusan. Saat itu, ketika briefing praktikum fisika dasar II dibilangin sama ibu-ibunya,” Kalian harus merasa bangga, karena kalian yang praktikum fisika dasar II disini tahun depan akan menjadi asisten di Praktikum Fisika Dasar I di lab utama”. Ini bener2 gila! Aku yang selama SMA dari kelas 2 sempe kelas 3 paling benci dan gak ngerti fisika, bakal jadi asisten fisika dasar yang ngajar praktikum mahasiswa fakultas lain! Oh GOD…. seketika itu aku langsung berfikir harus segera hengkang dari ke ELINS dan pindah ke jurusan ekonomi yang gak ada fisikanya.

.Sedangkan komputer, di ELINS hal ini gak bener2 didalami dan manurutku agak ngambang dan mengharuskan mahasiswanya untuk mengembangkan sendiri bidang komputer ini karena yang dipelajari di kampus kebanyakan benar keilmuan dasarnya bukan implementasi aja.

#30 
Written By mahasiswa netral(ga bela elins maupun fistek) on January 26th, 2010 @ 10:07 pm

@alan:
kalau kita ingin mendalami instrumentasi,lebih enak di teknik fisika ugm ,…malah mengaplikasikannya asyik kalo ditambah dengan energi. coba aja deh, piping and instrument diagram, kalo gak ngerti energi susah juga. hehehe

kalau instrumentasi mah TF ITB ma elins ugm ya jauh banget..lha wong instrumentasi industri nya TF ITB udah terkenal sampai penjuru indonesia…jadi kalo lo bilang elins masternya instrumentasi itu SALAH BESAR..jauh banget ma TF ITB..Lab nya ada 14 buah….sebagian besar adalah lab.instrumentasi….

kalau elektronika ya kalah jauh lah sama TE ITB dan TE UGM…

#31 
Written By alumni TE ITB on January 26th, 2010 @ 11:45 pm

Instrumentasi dan Kontrol,, Ilmu ini adalah trademark Fisika Teknik di dunia industri. Kita akan belajar tentang mechanical dan electrical system sekaligus. Tugas utama seorang instrument/control engineer adalah mengontrol sistem proses industri. Contoh, Suatu industri kertas akan membuat kertas dengan tipis tertentu. ketipisan suatu kertas perlu dikendalikan untuk bisa didapatkan kertas dengan tipis yang diharapkan. Contoh lain adalah pengendalian robot-robot dalam dunia industri. Sub keahlian di bidang ini salah satunya adalah Komputasi. Komputasi disini lebih spesifik seperti aplikasi komputer pada Jaringan Syaraf tiruan, kecerdasan buatan, pengolahan citra digital, Interfacing (antar muka) instrumentasi. Programmable Logic Controller (PLC), pengelolaan data elektronik, sistem informasi manajemen dll. Fisika Teknik UGM memiliki ciri pada bidang telecontrolling atau pengendalian jarak jauh dan instrumentasi kedokteran. Di ITB lebih kuat instrumentasi industri. Elektronika juga menjadi salah satu sub keahlian bidang ini.

#32 
Written By alumni TF ITB on January 27th, 2010 @ 10:34 am

ayo geluuuttttttt…. nyahahahaha

tawur d hutan biologi tongue

#33 
Written By kompor on January 27th, 2010 @ 11:23 am

sebenarnya gak penting mo masuk jurusan atau prodi apapun karena apa???

masih mending kalian-kalian tu pada kuliah, masih banyak sodara2 kita yang gak bisa kuliah coz gak mampu bayar……

oke kalian bangga dengan TF atau TE atau ELINS, tapi daripada debat kusir plus saling ngotot gak jelas gini mending kalian curahkan pikiran kalian untuk hal-hal yang lebih berguna, gimana bangsa ini mo maju kalau manusia-manusianya masih kayak gini???

perasaan tujuan blog ini cuma ngasih informasi doang, kenapa jadi ajang saling menjelek-jelekan???

MASIH MENDING KALIAN BISA KULIAH!!! BERSYUKUR DONK!!!!

#34 
Written By Arif on January 27th, 2010 @ 11:35 am

Menurut Saya, itu tergantung pada kemampuan diri anda sendiri. Semua jurusan itu ada kelebihan dan kekurangannya, ilmu science, sosial, economic, kedokteran dan lain-lain. Perusahaan itu merupakan satu kesatuan dari berbagai bidang ilmu. Jadi ga hanya butuh FT tok, TE tok atau Elektronika dan instrumentasi aja.

yang kerja di perusahaan minyak juga jadi kulinya orang luar, mending buat usaha sendiri aja. Ujung-ujungnya juga duit.

Rezeki itu udah ada yang atur.

#35 
Written By adikarya on January 27th, 2010 @ 12:14 pm

saya adalah mahasiswa elins angkatan 09,,,selama kuliah 1 semester ini saya bnar2 blank tentang materi kuliah,,,saya mohon bantuannya kak untk lbh memahami elins sendiri..

#36 
Written By dimas on January 27th, 2010 @ 4:09 pm

apalagi setelah liat komentar2 diatas sy jadi tambah malas kuliah,,,rasanya pengen pindah kuliah,,,

#37 
Written By dimas on January 27th, 2010 @ 4:11 pm

ha ha ha,,,
Terus,,, Terus,,, para mahasiswa UGM,,,,

#38 
Written By Api yang menyala on January 27th, 2010 @ 7:04 pm

kalau menurut saya,keilmuan di teknik elektro,teknik fisika dan elins hampir2 sama,,,tapi mendingan pilih teknik aja deh,,,soalnya ijasahnya lebih laku timbang elins yang MIPA..lagian kalo teknik elektro ato fisika kan jelas jadi engineer ato insinyur ato praktisi..kalo elins kan masih kurang jelas antara ilmuwan ato insinyur,,gelarnya aj S.Si(Sarjana Setengah Insinyur)..masuknya sih MIPA tp kok belajar ilmu rekayasa y…

sama kayak kasus teknik geologi dan geofisika,,,kalau saya lebih mending masuk teknik geologi,,,secara teknik lebih laku dijual di industri dibanding MIPA,,

lagian di indonesia insinyur lebih laku di industri,,,indonesia kurang menghargai yang namanya ilmuwan..indonesia terlalu gila yang namanya TEKNIK,,,,

#39 
Written By seseorang on January 27th, 2010 @ 7:05 pm

mana katanya mo buat jurusan sendiri ma ilmu komputer sehingga ilmunya lebih kompeten,,,,?apa birokrasi di MIPA terlalu ribet…???

#40 
Written By seseorang on January 27th, 2010 @ 7:09 pm

ya ampuunnn..ternyata cman bisa beginian ya mahasiswa UGM….RIBET DI DALAM KAMPUS SENDIRI ,,,,MO JADI APA BANGSA INI…

#41 
Written By denny on January 27th, 2010 @ 7:13 pm

elins prodi gak jelas..mending TEKNIK aja deh..HENGKANG DARI ELINS

#42 
Written By seseorang on January 27th, 2010 @ 9:43 pm

Wah, ternyata begini ini toh kualitas mahasiswa jaman sekarang?? apa tidak malu dengan para Founding Father negara kita yang dulu berjuang mendirikan negara ini??

hanya soal jurusan dan prodi bisa jadi ribut begini?? Ini masih dalam 1 almamater pula yang ribut, mau jadi apa negara ini. Mungkin ini salah dari generasi sebelumnya kali ya? liat negara korea sekarang, maju, karena kerja keras dari orang-orang yang lahir tahun 50-60 an. Padahal, negara korea selatan mau hancur akibat perang saudara dengan korea utara. La kita negara kacau, para pejabat sibuk ribut sendiri, korupsi..kapan kita membangun, hanya soal sepele sudah ribut pula

Dilihat-lihat memang begini kualitas mahasiswa Indonesia. Dulu ketika mahasiswa, idealisme tinggi, menentang korupsi. Bleh, setelah duduk di pemerintahan, jadi pejabat, lupa sama rakyat. Korupsilah dia..

Ayo lah, belajar yang baik, bukan cuman pintar di otak tapi juga di mental. Jangan sedikit-sedikit ribut. Kapan majunya kita

#43 
Written By pernah kuliah on January 28th, 2010 @ 12:16 am

TALK LESS DO MORE

jangan hanya banyak bacot
BUKTIKAN DENGAN PRESTATSI
DEMI MEMBANGGAKAN UGM DAN INDONESIA

ELINS
JAYA SELALU

#44 
Written By ines on January 28th, 2010 @ 10:53 am

lulusan teknik fisika emang sudah terkenal di industri sebagai instrument and control engineer,,karena lulusan teknik fisika sangatlah sedikit(cuma ada 5 TF di indonesia) dibandingkan lapangan pekerjaan sbg instrument/control engineer yang sangat banyak,,maka kadang2 lulusan teknik elektro atau elins bisa mengisi pos tersebut,,bahkan kadang2 teknik kimia bisa pula mengisi pos tersebut..

#45 
Written By alumni TE ITB,sekarang kerja di chevron on January 28th, 2010 @ 5:00 pm

jadi emang instrument/control engineer emang udah trademark/identitas teknik fisika di industri..kalau teknik kimia terkenal sebagai process engineer,teknik mesin sebagai rotary/mechanic engineer,teknik sipil sbg design engineer….

hhm, tapi kalo teknik Fisika UGM kan cuman perubahan dari teknik Nuklir saja, cuman karena kurang laku teknik nuklir, maka di ganti menjadi Teknik Fisika

#46 
Written By alumni TE ITB,sekarang kerja di chevron on January 28th, 2010 @ 5:05 pm

elins..ke laut aja lah…

#47 
Written By seseorang on January 28th, 2010 @ 9:40 pm

TEKNIK JAYA…..

JAYA…….!!!TEKNIK……….!!!!!

#48 
Written By seseorang on January 28th, 2010 @ 9:50 pm

UDAH JANGAN BANYAK BACOT LAH ELINS..

INSTRUMENTASI DAH KALAH MA TEKNIK FISIKA..

ELEKTRONIKA DAH KALAH MA TEKNIK ELEKTRO….

#49 
Written By seseorang on January 28th, 2010 @ 10:16 pm

ELINS?? baru denger tuh hahaha

#50 
Written By SAPIDOL on January 28th, 2010 @ 10:18 pm

hmm setelah baca2 komentar diatas, jadi ragu mo kuliah di elins(gw juga emg baru denger ada prodi elins sih hehe)

#51 
Written By calon mahasiswa on January 28th, 2010 @ 10:22 pm

ELINS????APA TUH…??

KYAK NAMA CEWEKQ AJA…..

#52 
Written By seseorang on January 28th, 2010 @ 10:31 pm

ibu2: DEK KULIAH DIMANA?
MAHASISWA ELINS :UGM BU,,,,
IBU2; WAH HEBAT DONK…JURUSANNYA APA?
MAHASISWA ELINS:ELINS BU …ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI
IBU2;JURUSAN APA ITU???
MAHASISWA ELINS:?!?!(GARUK2 KEPALA)

#53 
Written By seseorang on January 28th, 2010 @ 10:35 pm

buat yang atas2 gw
DEBAT BOLEHLAH ASAL SEHAT..
KALAU MAU ‘YANG LAIN’ MENDING KETEMUAN AJA LANGSUNG.. rugi cuma berani ngomong di dunia maya, mau jadi prita2an?

JANGAN MALU2IN NAMA UGM LAH, MASA INTERNAL AJA UDAH BERANTEM.. KAYAK ANAK TK..

masih mending ngolok2 yang lain
ini dalam univ sendiri aja udah ribut..payah, mau jadi apa Indonesia, gw bukan sok tapi bayangin orang luar baca ginian..

#54 
Written By jahe on January 29th, 2010 @ 2:51 am

Adab Berbicara, Mendengar, dan Berdebat dalam Islam
Seimbang dan menjauhi bertele-tele, berdasarkan sabda nabi SAW:

“Sesungguhnya orang yang paling aku benci dan paling jauh dariku nanti di hari Kiamat ialah orang yang banyak omong dan berlagak dalam berbicara.” Maka dikatakan: Wahai rasuluLLAH kami telah mengetahui arti ats-tsartsarun dan mutasyaddiqun, lalu apa makna al-mutafayhiqun? Maka jawab nabi SAW: “Orang2 yang sombong.” (HR Tirmidzi dan dihasankannya

#55 
Written By Nung Hadi on January 29th, 2010 @ 9:46 am

do ngomong opo toh??
dari pada cumen njelek2in kek gitu, mending tingkatin prestasi aja.. terus berkarya demi indonesia..
kasian indonesia kalo mahasiswanya aja kayak gini, UGM lagi..

salam damai indonesia!!

#56 
Written By capoenk on January 29th, 2010 @ 10:59 am

alah udah lah gak usah masuk elins, masuk yg laen aja udah

#57 
Written By ES GOYOBOD on January 29th, 2010 @ 11:09 am

Udah 2-2nya sama2 bagusnya kok, toh nyatanya 2-2nya setiap tahunnya juga diminati calon mahasiswa dan 2-2nya juga memiliki alumni dan mahasiswa yang berkompeten di bidang masing2.

Mari kita damai dan bangkit bersatu padu membuat ugm jadi no. 1 di indonesia dan dunia. happy

@yang punya blog
di closed aja mas tempat commentnya, daripada tambah panas dan berujung timbul kebencian yang bisa membuat terprovokasi lo. winking

#58 
Written By yudhi elins 06 on January 29th, 2010 @ 11:16 am

back to reality… do not run, and face what is in front of you right now …

dari ank elsa07
kepada mas2 dan mbak2
Buat INDONESIA JAYA dan BANGGA

#59 
Written By alfad on January 29th, 2010 @ 11:22 am

bubar bubar!!!!

#60 
Written By 04nov on January 29th, 2010 @ 11:49 am

bubarkan elins!! bubarkan elins!!

#61 
Written By 04nov on January 29th, 2010 @ 12:58 pm

wah, susah.daripada bubarkan2 gitu.. mending ga usah kuliah ? gampang to? aku yakin di kedua prodi ada yang sama2 menyesal masuk itu.. entah 1 atau 2 orang doang..

mungkin yang komentar disini orangnya patriot pembela jurusan masing2..

daripada komen nge flame tapi no name alias ga brani unjuk diri sapa yang komen., mending kita sama2 mikir kuliah masing2.. udah bener apa belom.. kalo belom diperbaiki, udah ya ditambah..

dari jurusan apapun yang kalian banggakan kalo ga ada hasilnya sama aja kan? toh jurusan dibuat sama universitas pasti ada banyak pertimbangan , ga ada yang lebih baik, ga ada yang lebih buruk,, yang ada berhasil atau tidak nya mahasiswa yang lulus dari jurusan tersebut. sebagus apapun jurusannya. entah dari fakultas apa atau universitas apa.. kan kembali ke orangnya juga happy jadi

kalo jadi mahasiswa rada mikir dikit kalo mau komentar,, jangan terlalu suka membanggakan sesuatu yang akhirnya cuma memecah belah gini.. sama2 orang indonesia juga kan kalian?

udah berbuat apa kalian buat diri kalian ?
udah berbuat apa kalian buat jurusan kalian ?
udah berbuat apa kalian buat universitas kalian ?
udah berbuat apa kalian buat keluarga kalian ?
udah berbuat apa kalian buat bangsa indonesia ?

apa kalian udah berbuat sesuatu buat negara ini dengan studi yang kalian tempuh selama ini?

kalo sudah.. aku yakin itu bukan karena dosen , universitas kalian, atau bahkan jurusan kalian,, tapi itu karena kalian sendiri. ,, jurusan atau prodi kan cuma alat,. yang penting itu subjeknya..

#62 
Written By lupekz on January 29th, 2010 @ 1:39 pm

ealah….iki do ngopo je, wis to….kabeh ki apik
mending sinau n berprestasi dari pada mung eyel2an neng blog ngene iki..

bukan mau ngebela salah satu pihak, tapi aku setuju ma mas yudhi, ni komennya di close aja, demi kebaikan bersama…

oke ndan…..matur tengkyu

Salam damai

#63 
Written By iw_elins06 on January 29th, 2010 @ 1:46 pm

ealah…kok pada ribut masalah jurusan sih,,,,
saya sekarang udah kerja di perusahaan minyak terbesar di indonesia,,,
jadi begini,,emang sih,selama ini lahan pekerjaan antara elins,fistek dan elektro bisa dibolak balik..
yang penting bkan apa jurusannya,tapi bagaimana kita bisa beradaptasi dg cepat d lingkungan kerja,,,
emang harus diakui,lulusan teknik fisika udah terkenal sebagai instrument engineer,,tapi selama kita kompeten kita bisa kok bersaing ma mereka,,,yang penting kita mau belajar trus,,,percuma kalo fistek tapi gak mau belajar,,ujung2nya jga nggangur juga,,,ya emang harus diakui,lulusan fistek bisa lebih cepat adaptasi d lingkungan kerja karena mereka dikasih dasar ilmu proses yang kuat,yang sedikit sekali diajarkan d elins,tapi tenang aja,itu semua bisa dipelajari waktu kita kerja kok…jadi jangan berkecil hati…

#64 
Written By alumni elins ugm on January 29th, 2010 @ 1:47 pm

udah ga usah ribut..saya sekarang malah berteman baik ma alumni teknik fisika ugm juga,,kita sekarang sama2 jadi instrument engineer..saling melengkapi,,,,

SELESAI RIBUTNYA,,,,,,,,,,,,

#65 
Written By alumni elins ugm on January 29th, 2010 @ 1:51 pm

kok makin ksini makin cenderung k tindak provokativ..harusnya hal yg seperti itu g usah di perbincangkan..smua jur ato prodi udah pnya spesifikasinya…tinggal orang2 yg ad di dlmnya mau maju,berprestasi ato tidak…kan rejeki dah ad yg ngatur…

baik anak elins ato tekfis smua ad kenunggulan m kekurangan masing2…jd bs saling melengkapi…

gtu aj deh…

salam damai…

#66 
Written By cinta damai on January 29th, 2010 @ 5:53 pm

Asslmkm..
Dari komen – komen tu dapat disimpulkan…
1. Mahasiswa elins yang bingung, ya salah mereka sendiri.Yang namanya kuliah tu mahasiswa yang aktif. ga kaya SMA, cuma nelan bulat2 ilmu dari guru..
Aktif sendiri lahh cari ilmu.
Yang kaya gitu mending ngasih duitnya ke fakir miskin aja, biar duitnya ga sia -sia.kuliah ga tau yang kudu dikerjain..
2. Yang sirik ma anak elins, mending ngaca sendiri aja. Yang ngomong bisa apa c???udah bisa aja dari kuliah??
Udah punya prestasi beloommm???big grin
3. Yang berprestasi kan ga semua mahasiswa, mending mikir aja c gimana caranya berprestasi, ga cuma ngobrol doank..
4. Mending piss aja bro. Ga usah cari ribut ma masalah lah..Mending mikir hidup Xan masing2, kuliah yang bener,biar bisa ber-prestasi, Lulus dapet kerja, bikin bangga ortu..Ortu Xan bangga pho dengan Xan bikin posting profokatif???
5. Intinya, introspeksi masing2 aja lahh y..hehe

Sukron…

#67 
Written By peace on January 30th, 2010 @ 2:05 am

ITB apa’an???
mengecewakan.,..
Galelobot 09 mengecewakan..
mana janjinya semua peserta dapet sertifikat??
mpe detik ini pun sertifikat belum dikirim..
Bullshit doank..
Pantianya payah…………………….
tongue

#68 
Written By vuck on January 30th, 2010 @ 2:51 am

Hmph..Oke,apa anda2 sxan g tau kalo g ada yg smpurna?Apa anda2 sxan g tau kalo qt hny bisa mengusahakan agar sesuatu itu smpurna?Semua punya kekurangan N itu g perlu qt debatkan lah..Harusnya orang waras tu tau hal kecil kayak gt..
Buat anak2 elins,biarin aja lah tu orang2 yg mungkin g tau apa2 tp bnyk omong,ngadu domba,N sgalanya..
Talk less do more

LinX – anak elins 07

#69 
Written By LinX on January 30th, 2010 @ 8:37 am

Kalo boleh usul,..
1. Kalo dah gak betah kuliah di Elins mending keluar aja deh, lagipula cuma nyepet2i mata doang
2. Kalo ada yang ngerasa gak dapat ilmu apa2 di Elins itu mah saking GOBLOGnya aja orangnya, namanya jadi mahasiswa itu harus aktif, sering2 cari ilmu sendiri, dosen itu sebagai tempat bertanya dan berdiskusi gak ngajar keq beo pas jaman SMA dolo
3. Kalo ada yang masih debat ijazah Elins ma TF lakuan mana, mending ke Laut aja, nyebur terus dimakan ikan hiu. Wong tahun 2010 koq masih nyari kerjaan, apa emang mental lo yang mental jadi budak,..
4. Gak usah saling mbangga2in prestasi orang lain lah kaya diri sendiri aja yang dapet (prestasinya), gak malu apa serasa orang Malaysia aja ngaku2 prestasi orang
5. Daripada bacot2 gak berujung mending langsung gel aja kalo berani, lagipula mbacot2 koq gak pake nama asli, takut dihajar apa??cemen amat,..

#70 
Written By Aji_Elins 07 on January 30th, 2010 @ 8:20 pm

Memang pada kenyataannya nanti memang Prodi elektronika dan Instrumentasi ( entah kenapa saya kok kurang suka sebutan elins happy ) T. Fisika dan T. Elektro bahkam Ilkom akan bersaing di dunia kerja. Semua ada kekurangan dan kelebihan. Lah tahun ini malah UGM membuka jurusan baru. Jurusan T. Informatika. Apa nanti bakalan ada debat kusir mana jurusan yang lebih baik antara Ilmu komputer sama T. Informatika?? ato nanti T. elektro , elektronika & Instrumentasi, sama T. Fisika juga kut nimbrung ribut,gitu?

Tapi, tak perlulah kita sampe gontok-gontokan ato sampe adu jotos. kalo memang benar kita mampu, ya sudah buktikan kemampuan kita, ga cuman asal tulis komentar, terus kabur

Untuk yang sudah komentar terima kasih, waloupun banyak yang pake ID klonengan, nama beda-beda, komentar juga beda-beda, kadang mbela si jurusan inilah, tapi kadang malah njelek2 in. Terima kasih atas provokasinya, Itu jadi banyak yang terpancing. Tapi saya tahu, anda yang dari T. Fisika UGM masih muda, belum ada 2 tahun di sini. Ada pula anak Elins yang sama dengan penulis yang ikut ngeflame biar panas,(ID lontong, es goyobod, sapidol, KORDOBA dll) tapi rahasia lah namanya hehe.

Ok, damai UGM, damai ITB (itu beneran anak ITB bukan??kyknya bukan )

#71 
Written By faizalamri on January 30th, 2010 @ 9:34 pm

Every one acknowledges that modern life seems to be not very cheap, but different people require cash for different things and not every one earns enough money. Hence to receive quick loans and just sba loan will be good solution.

#72 
Written By Mattie34Rollins on August 18th, 2010 @ 9:58 pm

tetep semngat di jaman sekarang ,kalo tidak bisa mati loo

#73 
Written By ocoy on September 22nd, 2010 @ 12:23 pm

SIp happy saya siap masuk sini kaka kaka happy doakan saya,.., saya yakin Elins bagus happy

#74 
Written By Fakih on October 31st, 2010 @ 1:45 pm

AHAHAHAHAHAHA
YANG ATAS ANE NI, YANG KOAR2 GAK JELAS TTG ELINS,,,
tongue

HEH, NGOMONG2IN GITU TUH,, GARA2 DULU MAU MASUK ELINS TAPI GAGAL!!! (TOLOL LU!!),,

oiya,,, ada yang gak jelas juga,,,
ini lagi ngomongin elins,,
ada yang tereak2 anak TK
“TEKNIK JAYA…..

JAYA…….!!!TEKNIK……….!!!!!”

MAS, MAS, BANGUN,,, KALO MAU NGOMONG GITU,, SALAH TEMPAT MAS,,,

DUH,, MALU2IN AJA KALIAN,,
SAMA2 UGM,, BUKAN SALING MEMBANGUN,,
MALAH SALING GONTOK2AN,,
MALU DILIAT AMA UNIV SEBELAH,,

TOLOL!!!

#75 
Written By ELINERS 09 on November 3rd, 2010 @ 5:04 pm

ELINS PRODI GA JELAS, GOBLOK SEMUA, SAMPAH

#76 
Written By elins goblok on May 2nd, 2013 @ 5:35 am

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Current day month ye@r *


7 + eight =

Next Post: